Selasa, 29 Januari 2008

Rossi Tetap Waspadai Honda

Selasa, 29 Januari 2008 | 18:28 WIB

Valentino Rossi pernah menegaskan bahwa yang harus ditaklukkan pada balapan musim 2008 adalah Ducati dan Casey Stoner. Tapi, The Doctor juga sangat mewaspadai Honda meskipun pabrikan ini masih mengalami kendala pada katup udara mesin.

Honda baru saja meluncurkan motor baru untuk kompetisi MotoGP 2008. Meskipun sasis barunya bagus, tapi mesin RC212V masih bermasalah pada katup udara sehingga kecepatannya belum maksimal. Akibatnya, pada tes di Sepang pekan lalu, Nicky Hayden harus kembali menggunakan mesin standar yang dipakai pada balapan tahun lalu.

Meskipun demikian, Hayden yang berstatus juara dunia tahun 2006 itu tampil sangat mengesankan. Dia bahkan memecahkan rekor kualifikasi. Pembalap Amerika Serikat itu juga menempati ranking tiga saat memacu kendaraan menggunakan ban balapan, lebih cepat 0,15 detik dari Rossi, tapi kalah 0,752 detik dari jagoan Ducati yang menyandang predikat juara bertahan, Casey Stoner.

"Saat Honda membuat motor baru, selalu ada sedikit ketakutan dalam diri orang-orang tentang bagaimana kemampuannya. Karena itu, kami harus hati-hati," tegas Rossi yang pernah membalap untuk Honda dari tahun 2000 hingga 2003, sebelum pindah ke Yamaha.

"Awalnya, Hayden cukup kesulitan (saat di Sepang), tapi akhirnya dia mencatat hasil cukup bagus. Sementara itu, Dani Pedrosa sangat cepat sebelum dia jatuh," tambah The Doctor, Selasa (29/1), seperti dilansir Crash.

Rossi dan Yamaha baru saja bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan mereka. Pada putaran kedua musim lalu, katup udara mesin jadi pusat perhatian, meskipun usaha itu belum maksimal.

Tapi untuk musim 2008 ini, kecepatan M1 sudah mengalami kemajuan sehingga Rossi yang akrab dengan nomor 46 di motornya itu cukup percaya diri menatap balapan pertama tahun 2008--padahal Kawasaki dan Suzuki sudah memperhatikan hal itu (katup udara mesin) sejak awal kompetisi 2007.

Rossi juga berharap Pedrosa lekas sembuh sehingga fit saat seri pembuka 9 Maret nanti di Qatar. Pedrosa yang musim lalu menjadi runner-up--menggeser Rossi yang harus puad di posisi tiga--patah tangan saat hari pertama tes di Sepang. Karenanya, pembalap Spanyol itu akan absen sampai tes di Jerez, 16-18 Februari.

Tidak ada komentar: